Rabu, 31 Maret 2010

Santorini, romantic blue and white nature

firstly, terkagum-kagum dengan alam santorini abis nonton film'sisterhood of the travelling pants'..
tempat dimana lena menghabiskan liburan musim panas dan bertemu kostos.. :)
so romantic..

Menurut legenda, pulau ini terbentuk dari sebongkah tanah yang dilempar ke laut dari Argo, kapal mitologi Yunani. Dalam sejarahnya, pulau ini pernah bergantian (antara lain) menjadi koloni dari Kerajaan Sparta(sekarang terletak di Semenanjung Peloponnes, Yunani, mereka adalah pemberi nama Thira - "the wild") dan Kerajaan Venesia (sekarang di Italia) yang membangun sebuah gereja kecil bernama Santa Irene atau dalambahasa Yunani: Agia Irini dan akhirnya menjadi Santorini. Nama ini masih lazim digunakan hingga sekarang walaupun sejak berdirinya Yunani moderen - nama resminya adalah Thira.
Pada satu sisinya, pulau ini merupakan jurang terjal dengan ketinggian sekitar 300 m. Inilah sisi yang pada awalnya merupakan kaldera gunung berapi dan sekarang merupakan daya tarik utama pulau tersebut karena pemandangannya yang memukau, bagaikan dinding raksasa yang muncul dari permukaan laut.
Sisi lain dari pulau ini terbentuk oleh lereng gunung yang relatif landai. Sekarang sisi ini adalah daerah di mana kita masih dapat menemukan kehidupan desa tradisional dengan kebun-kebun anggur, terong putih, tomat cherry dan buah zaitun serta keledai sebagai hewan pengangkut barang. Di Santorini moderen biasanya kita akan menemukan keledai sebagai atraksi turis, antara lain sebagai hewan tunggangan di jalan setapak yang menelusuri dinding kaldera. Semua ini diselingi oleh pantai-pantai yang sangat mengundang keinginan kita untuk mencelupkan kaki sejenak di Laut Tengah.
Arsitektur berwarna putih penuh lengkungan artistik serta bangunan gereja ortodoks dengan kubah biru merupakan ciri khas lain dari pulau ini. Bangunan tradisional Santorini mempergunakan bahan-bahan alami dari batuan vulkanik yang berpori, sangat cocok dengan iklim setempat. Di musim panas ruangan tetap sejuk karena udara panas tertahan di luar, sebaliknya di musim dingin udara hangat tertahan di dalam rumah.
have a dream, someday will gonna be there..
qiqiqiqii....

2 komentar:

  1. wah kur...baru baca. filmnya boleh juga tuh kayaknya gw tonton.. ^^

    BalasHapus
  2. sook lah lus...lumayan inspiratif deh..
    hihii.. :)

    BalasHapus