Senin, 07 September 2009

Prinsip dalam Desain Interior

berdasarkan teori, terdapat beberapa prinsip dalam mendesaini interior. Namun, prinsip ini bukan aturan pasti! cukup melihat prinsip ini sebagai pondasi penting dari feeling (perasaan), flair(bakat/pengamatan yg tajam) atau intuisi kita dalam mendesain interior.

prinsip 1: UNITY.kesatuan
ketika mendesain interior, sangat penting untuk memikirkan satu tema secara umum. pilihlah suatu style/tema tertentu yg akan menjadi acuan desain interior ruang kita. bukan berarti elemen interior harus sama, namun dengan adanya suatu tema, akan mempermudah mendesain interior secara utuh, menyatu dan berhubungan.


prinsip 2: FOCAL POINT
musuh besar desain interior adalah boredom atau kebosanan. desain ruang yg baik selalu menghadirkan focal point yaitu sesuatu yang dominan untuk menampilkan perhatian atau sesuatu yg menarik untuk dilihat. focal point harus memberikan kesan yang mendalam namun tetap harus melengkapi bagian dekorasi baik secara skala, style, warna dan tema.

prinsip 3: BALANCE.keseimbangan
keseimbangan disii bisa dikatakan sebagai keseimbangan distribusi visual pada suatu ruang.

prinsip 4: PROPORTION.proporsi
proporsi mengacu pada ukuran/perbandingan suatu elemen dengan ruang secara keseluruhan. bisa terlihat dengan ukuran tertentu atau berdasarkan perasaan.

prinsip 5: RYTHM.irama
irama merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan repetisi pola visual.adanya suatu irama pada ruang memberikan kedinamisan dan membuat suasana lebih hidup.

prinsip 6: Colour.warna
warna merupakan elemen interior yang mempengaruhi emosi manusia karena warna dapat memberikan efek psikologis pada suatu ruang.

prinsip 7: DETAILS
elemen lain yg penting dipikirkan dalam mendesain interior adalah detail. kita perlu menentukan motif kain untuk korden, sofa, finishing furniture, handle, dan detail lainnya agar desain yang kita inginkan terlihat matang.
so, let's decorate your interior with your style...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar